Skip to main content

Pengenalan Mobile Programming Android

Apa itu Android?


First thing first kita harus tahu apa itu android, Android adalah Sistem yang dirancang oleh Google dan berbasiskan kernel linux, maka itu sistem operasi android bersifat Open Source yang didesain pada awalnya untuk Smartphone dan Tablet.

Walaupun OS Android ini dimiliki Google, Namun Google tidak memungut biaya untuk memakai atau memodifikasi Android karena Android adalah Sistem Operasi Open source hal ini sangat berbeda  dengan Windows Mobile milik Microsoft dimana perusahaan yang ingin menggunakan sistem operasi Windows Mobile harus memberi royalti kepada Microsoft, Atau sistem Operasi Iphone OS (IOS) yang hanya bisa digunakan di perangkat buatan Apple dan tidak di rilis untuk perangkat lain.

Oleh sebab itu Perusahaan pembuat Smartphone banyak yang tertarik untuk mengadopsi sistem operasi yang satu ini, Selain itu karena Android bersifat Open source maka Android dapat di modifikasi oleh siapapun. karena itu banyak sekali perusahaan yang memiliki sistem operasi berbasis Android dengan branding mereka sendiri, seperti TouchWiz UI dan One UI milik Samsung, MIUI milik Xiaomi, ataupun Oxygen OS milik OnePlus yang memiliki tampilan ataupun fitur yang unik dan berbeda dari android-android lain.

Dari segi Software Developer mereka dapat membuat aplikasi-aplikasi di Android dengan mudah karena dokumentasi yang lengkap dan Software Development Kit (SDK) yang di sediakan oleh Google secara free atau gratis dan dapat di upload/rilis di software market Android yaitu Play Store.

1. Pengertian Pemrograman Android
Pemrograman Android adalah pemrograman berbasis Java untuk membuat aplikasi pada device smartphone, tablet maupun device lainnya yang menggunakan sistem operasi berbasis Android. Untuk pemahaman nya, Android itu sistem operasi sama seperti Windows, Linux untuk PC.

2. Syarat Belajar Android
Terlebih dahulu kita bahas dulu syarat awal untuk belajar android, dalam hal penguasan bahasa pemrograman.

▶Belajar Bahasa Pemrograman Java
Java adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk development android apps secara native. Java adalah bahasa yang standar untuk pembuatan aplikasi Android. Jika anda tidak pernah belajar java, namun tiba tiba coding java di android, anda akan mengalami kesulitan. Konsep seperti Class, Package, access modifier(public/prifat) dan konsep lain harus anda pelajari dulu. Satu hal lagi, Java juga menganut konsep Pemrograman Berorientasi Object (OOP). Ada terkadang seseorang dalam belajar Android, langsung saja download source code istilahnya Copy Paste dan programnnya jalan, namun anda akan kesulitan ketika membuat program android dari awal dan akan sulit memahaminya struktur coding nya.
Namun, jika anda kurang menguasai bahasa Java, bisa juga menggunakan bahasa pemrograman lain misal Html5, Javascript dan apps dicompile menggunakan javascript library semacam phonegap.

▶Belajar Bahasa XML
Xml adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak susah untuk dipelajari. Yang perlu anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya. XML di android untuk desain tampilan sebuah aplikasi.

3. Tools Pengembangan Aplikasi Android
Berikut tools yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android :
Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini oleh para pengembang aplikasi mobile. Banyak berbagai macam blog yang mengajarkan tutorial pemrograman android. Buku android pun banyak sekali yang terjual laris di beli oleh para calon programer.

⏺IDE Eclipse
Eclipse adalah IDE yang dipakai untuk pemrograman android. Khususnya bagi pemula saya sarankan belajar dulu pake IDE Eclipse agar tidak mengalami kesulitan. Ada terkadang kebanyakan programer java datang dari NetBeans yang terkadang ketika beralih ke Android langsung pakai IDE Netbeans. Pengalaman saya pribadi, awal belajar saya pakai Eclipse. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja.

⏺IDE Android Studio
Melihat perkembangan saat ini, Android Studio saat ini sudah menjadi official IDE untuk Android Development, artinya di web resmi Android Developer dikatakan kedepan nya direkomendasikan harus menggunakan IDE Android Studio. silahkan baca di : cek, kemudian library yang dikembangkan oleh developer diluar sana sekarang sudah banyak yang menggunakan gradle, jadi kalo mau make librarynya tinggal tambahkan url gradlenya, jarang yang menyediakan .jar atau project library, kalaupun ada project library secara default tidak akan bisa langsung digunakan di eclipse, karena perbedaan structure.
Namun Bagi anda pemula, jangan langsung pakai Android Studio, kemungkinan akan susah dalam pemahaman nya. apalagi dengan Spesifikasi Komputer yang minimun sekali,,bakalan hilang kesabaran.

Mengapa Android?

1. Sistem Operasi Mobile yang memiliki paling banyak pengguna

Sejak Dirilis pertama kali tahun 2008, Google telah banyak melakukan pengembangan pada Android. Google telah merilis Android versi terbaru setiap tahun, dengan Android 10 sebagai versi terbaru.
Pada tahun 2013 Android menjadi Operating system (OS) terlaris pada Smart Device (Smartphone dan Tablet).
Pada Kuarter ke empat tahun 2019 tercatat lebih dari 2.57 Juta aplikasi tersedia di Play Store. Android menarik bagi perusahaan yang membutuhkan barang siap jadi, biaya rendah dan kustomisasi OS untuk perangkat pintar mereka. Hal ini menjadi daya tarik bagi banyak perusahaan, sehingga mereka memilih Android sebagai platform untuk aplikasi yang mereka buat/kembangkan.

2. Open Source

Source code yang dimiliki oleh Android bersifat Open Source. Ini adalah hal menarik bagi developer karena lisensi open source sangat mendukung untuk melakukan pengembangan produk/aplikasi dengan aman.

3. Mempunyai Store sendiri 

Aplikasi Android bisa didistribusikan menggunakan web,copy APK dan Store Android, yaitu Google Play, merupakan cara termudah bagi para developer untuk medistribusikan aplikasinya ke pasar yang memiliki miliaran pengguna, Google play merupakan store resmi Android yang dikelola oleh Google. Pengguna bisa mencari dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Android Software Development Kit, Tidak hanya aplikasi yang ditawarkan oleh Google Play Ada beragam konten lainnya yang dapat dinikmati pengguna, misalnya media digital, musik, buku, majalah, film dan program televisi.

5. Mempunyai Development Kit Untuk Para Developer

Android Software Development Kit (merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android.
Di dalamnya, terdapat beberapa tools seperti debugger software libraries emulator dokumentasi, sample code dan tutorial.

6. Memiliki beberapa bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Java.
Namun ada beberapa bahasa lainnya yang dapat digunakan, seperti C++, Go, Kotlin, Dart, C# (C Sharp), JavaScript, dan TypeScript.

7. Perkembangan Android


Pada awalnya, Android ditargetkan untuk digunakan untuk perangkat kamera digital. Namun, sang pembuat Android yang terdiri dari Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White berpendapat bahwa pasar untuk kamera digital tidaklah begitu besar, sehingga penggunaan Android diubah menjadi smartphone.

Pada tahun 2004, Android dipasarkan sebagai saingan untuk smartphone berbasis Symbian dan Windows Mobile. Namun, perusahaan kesulitan dalam mencari investor. Namun, Android berhasil mendapatkan tambahan dana sebesar $10.000 dari Steve Perlman yang saat itu ingin membantu Andy Rubin.

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dengan mahar sebanyak $50 juta. Pendiri-pendiri Android seperti Andy Rubin dan lainnya juga ikut bergabung dengan Google dan memimpin proyek Android ini. Saat itu, berbagai media memberitakan bahwa Google pada akhirnya berkompetisi juga dalam perangkat smartphone dengan dibelinya Android hingga pada akhirnya Google membuat prototipe.

Prototipe tersebut adalah sebuah smartphone yang memiliki keyboard layaknya smartphone Blackberry. Berita prototipe tersebut terus bergulir hingga bulan Desember tahun 2006.

Namun tak disangka-sangka, Apple mengeluarkan iPhone pada tahun 2007 dengan desain smartphone yang hampir seluruh permukaan depan menggunakan layar sentuh. Karena hal itu, Google harus memikirkan ulang bagaimana smartphone Android kedepan, mengingat prototype awal perangkat Android menggunakan keyboard tanpa layar sentuh.
Pada tahun 2008, Blackberry dan Nokia merilis smartphone yang memiliki layar sentuh untuk menyaingi iPhone. Tidak ketinggalan juga Google yang merilis HTC Dream atau T-Mobile G1. Smartphone ini menggabungkan layar sentuh dengan keyboard yang dikeluarkan dengan mekanisme slider seperti gambar diatas.

Daftar Versi Android


Android 9.0 Pie sejauh ini memiliki pangsa penggunaan terbesar dari semua versi Android, sekitar 40%, lebih dari tiga kali sepopuler versi tunggal paling populer berikutnya (Android 10). Android 9.0 umumnya dekat setengah dari pangsa pasar, atau lebih, pada smartphone. Lebih dari 70% perangkat berjalan di Android 8.0 dan yang lebih baru (semua versi yang didukung). Pada tablet, Android 5.1 Lollipop adalah versi tunggal paling luas di 20,31% (sebagian besar tablet Android menggunakan versi Android yang tidak didukung). Pangsa penggunaan Android pada tablet sangat bervariasi menurut negara; tetap, Lollipop 5.1 adalah versi tunggal dengan pangsa penggunaan terbesar di Amerika Serikat (dan misalnya India) pada 39,83%, sedangkan versi Oreo 8.1 terbaru paling tersebar luas di misalnya Australia, semuaNordik dan banyak negara Eropa lainnya, kemudian di Cina, dan Mesir. Di Australia, Android Pie 9.0 adalah yang paling populer dengan 18.83%.


Referensi :




Comments

Popular posts from this blog

Konfigurasi 1 Server, 1 Router, 2 SW, 4 Client

TUGAS 1 Saya akan membuat konfigurasi pada Cisco Packet Tracer yaitu dengan mengandalkan 1 Server, 2 Switch, 1 Router, serta 4 Client Pertama Kita buat skema jaringannya terlebih dahulu kemudian kita pikirkan dulu konfigurasinya seperti apa dan bagaimana. Nah kalo skemanya sudah kita buat selanjutnya kita mulai konfigurasi “Biar Gak Kelamaan Mikir hehe". Konfigurasi Server terlebih dahulu Disni kita buat IP Servernya yaitu menggunakan IP Static. Kemudian kita ke Services , aktifkan terlebih dahulu (on) pada DHCPnya seperti itu konfigurasi yang saya buat, disitu saya menggunakan default Gateway tapi jika tidak mau ribet cukup masukkan saja DNS Servernya atau IP server yang sudah di buat sebelumnya. Masih di Services , selanjutnya setup DNSnya, saya menggunakan Name Server nya van.com atau anda bisa buat dengan nama yang anda inginkan, kemudian pada Address-nya saya menggunakan IP Servernya. Pada halaman HTTP anda bisa edit

Tutorial Pembuatan PCB Layout Flip Flop Dengan Diptrace

Flip Flop. Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Prinsip dasar dari flip-flop adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor, resistor dan dioda yang di rangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial. Berikut ini adalah bagaimana membuat rangkaian PCB Layout-nya : 1. Buka software Diptrace terlebih dahulu (pilih PCB Layout). Tampilan awal saat menjalankan Diptrace. 2. Maka tampilan awalnya akan seperti ini. Tampilan awal PCB Layout. 3. Pilih komponen yang akan dibuat untuk rangkaian flip flop. Komponen rangkaian flip flop. 4. Setelah semua komponen dipilih maka selanjutnya kita hubungkan masing-masing komponen dengan (route manual). Komponen rangkaian flip flop yang sudah dihubungkan. 5. Jika tahap ke-4 sudah selesai selanjutnya kita buat backgroundnya

Sistem Keamanan Jaringan Dan Keamanan Informasi

Sistem Keamanan Jaringan Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan. Tujuan membuat keamanan jaringan adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan berupa bentuk ancaman fisik maupun logic baik langsung ataupun tidak langsung yang dapat mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan. Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada jaringan yang anti sadap atau tidak ada jaringan yang benar-benar aman. karna sifat jaringan adalah melakukan komuikasi, dan setiap komunikasi dapat jatuh ke tangan orang lain dan di salah gunakan. Oleh sebab itu keamanaan jaringan sangatlah dibutuhkan. Yang harus dilakukan ialah mengenal beberapa ancaman keamanan jaringan. Serangan terhadap keamanan sistem informasi (security attack) akhir-akhir ini seringkali terjadi kejahatan komputer/cyber crime pada dunia maya seringkali di lak